MAKALAH ANALISIS JURNAL PEREKONOMIAN INDONESIA   PERKEMBANGAN STRATEGI

MAKALAH ANALISIS JURNAL

PEREKONOMIAN INDONESIA

 

PERKEMBANGAN STRATEGI DAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRATEGI PEMBANGUNAN

 

 

 

 

 

Dikerjakan Oleh :

Aristya Grace Novanda

Lubna Fairuz

Maria Melisa

Novia Ramadhany

Suminar

 

1EB16

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS GUNADARMA

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI……………………………………………………………… ii

JURNAL I…………………………………………………………………. 1

Tujuan Penelitian…………………………………………………………………………. 1

Manfaat Penelitian……………………………………………………………………….. 1

Metodologi Penelitian…………………………………………………………………… 2

Kesimpulan Penelitian………………………………………………………………….. 2

JURNAL II………………………………………………………………………………… 3

Tujuan Penelitian…………………………………………………………………………. 3

Manfaat Penelitian……………………………………………………………………….. 3

Metodologi Penelitian…………………………………………………………………… 3

Kesimpulan Penelitian………………………………………………………………….. 4

JURNAL III………………………………………………………………………………. 5

Tujuan Penelitian…………………………………………………………………………. 5

Manfaat Penelitian……………………………………………………………………….. 5

Metodologi Penelitian…………………………………………………………………… 6

Kesimpulan Penelitian………………………………………………………………….. 6

JURNAL IV………………………………………………………………………………… 7

Tujuan Penelitian…………………………………………………………………………. 7

Manfaat Penelitian……………………………………………………………………….. 7

Metodologi Penelitian…………………………………………………………………… 8

Kesimpulan Penelitian………………………………………………………………….. 8

JURNAL V…………………………………………………………………………………. 9

Tujuan Penelitian…………………………………………………………………………. 9

Manfaat Penelitian……………………………………………………………………….. 9

Metodologi Penelitian…………………………………………………………………… 9

Kesimpulan Penelitian………………………………………………………………….. 9

JURNAL I

“DEVELOPING THE STRATEGY : VISION, VALUE GAPS, AND ANALYSIS”

By : Robert S. Kaplan and David P. Norton, with Edward A. Barrows Jr

 

A.    TUJUAN PENELITIAN

Hampir sebagian besar dalam penentuan strategi pembangunan hanya terfokus pada bagaimana mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya. Padahal kunci sukses dalam penentuan strategi adalah bagaimana membuat rumusan yang tepat terlebih dahulu mengenai tujuan awal yang hendak dicapai dalam pembangunan. Tujuan penelitian dalam jurnal ini adalah bagaimana tujuan strategi pembangunan ini dirumuskan. Mulai dari visi, misi, hingga analisis berjalannya misi tersebut.

B.    MANFAAT PENELITIAN

Manfaat penelitian jurnal adalah mengetahui langkah-langkah apa saja yang harus ditempuh dalam proses perumusan strategi pembangunan yang tepat, antara lain:

  1. Menentukan visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai.
  2. Menyusun strategi untuk pencapai tujuan tersebut dengan memperhatikan nilai kesenjangan yang ada di lingkungannya. Ini sangat berpengaruh dalam pencapaian tujuan
  3. Menganalisis kembali strategi yang telah dijalankan apakah telah berjalan sesuai tujuan. Ini dilakukan juga untuk megevaluasi hasil kerja bersama dalam proses pencapain tujuan dalam menjalankan pembangunan.

C.     METODOLOGI PENELITIAN

Dalam jurnal ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif, karena data yang di dapat berasal dari jurnal,bukan dari penelitian secara langsung.

D.    KESIMPULAN PENELITIAN

Strategi pembangunan sangat dipengaruhi oleh

  1. Visi

Sebagai contoh, visi memiliki arti suatu ide cara atau pemikiran bagaimana kita dapat menjalankan misi. Sementara misi adalah cara untuk mencapai tujuan visi tersebut. Visi sangat mempengaruhi strategi pembangunan karena visi merupakan tonggak untuk menjalankan segala cara untuk mencapai tujuan strategi pembangunan tersebut. Semakin jelas visi  yang dibuat, maka strategi pembangunan akan berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan awal.

  1. Nilai kesenjangan

Didalam strategi pembangunan ini, kita sudah menanamkan visi yg akan dijalankan. Dalam menjalankan visi tersebut, kita harus melihat nilai kesenjangan yang ada dimasyarakat setempat. Semakin tinggi nilai kesenjangan social, itu akan berdampak buruk terhadap strategi pembangunan karena nilai kesenjangan itu berdampak negative jika terlalu tinggi. Jadi setelah membangun visi dan menetapkan nilai kesenjangan di masyarakat, kita tinggal menganalisanya

  1. Analisis

Analisis dapat digunakan sebagai tolak ukur, menilai keberhasilan dari visi yang telah dibuat apakah visi tersebut berjalan sesuai harapan atau ada faktor lain yang menghambat seperti adanya nilai kesenjangan masyarakat yang tinggi.

JURNAL II

“CRITICAL FACTORS AFFECTING THE PLANNING AND IMPLEMENTATION OF MAJOR PROJECT”

By : John M. Bryson and Philip Bromiley

 

A.    TUJUAN PENELITIAN

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui bagaimana isi proyek pembangunan yang akan dilakukan mempengaruhi  proses perencanaan dan pelaksanaan proyek pembangunan tersebut. Serta mengetahui apa yang harus dilakukan pada proses perencanaan isi proyek agar mendapatkan tujuan proyek yang ingin capai dalam proses pembangunan.

B.    MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini dibuat untuk mengeksplorasi faktor-faktor strategis dalam memenentukan proyek perencanaan pembangunan. Di mulai dari penentuan isi proyek, perencanaan proyek, proses pelaksanaan proyek, melihat hasil proyek dengan menggunakan informasi data  yang berkaitan dengan masalah yang timbul.

C.     METODOLOGI PENELITIAN

 

Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, karena data yang didapat bukan dari angka, melainkan berupa informasi jurnal.

D.    KESIMPULAN PENELITIAN

Salah satu factor yang penting dalam pembuatan strategi pembangunan adalah proses perencanaan yang baik dimana proses tersebut harus menggunakan struktur teknik perencanaan yang bagus, pembuatan keputusan harus berdasarkan komunikasi yang baik, kita harus mengatur perencanaan itu dengan baik supaya bisa tercapai dengan maksimal.

JURNAL III

“STRATEGY FACTORS AFFECTING FOREIGN DIRECT INVESTMENT DECISIONS BY MULTI-NASIONAL ENTERPRISES IN LATIN AMERICA”

By : Len J. Trevino , Franklin G. Mixon Jr.

A.    TUJUAN PENELITIAN

Tidak dipungkiri dalam proses pelaksanaan pembangunan, kendala yang sering dihadapi oleh tiap negara terutama negara berkembang dalah masalah modal. Ketika pembangunan harus terus dilakukan karena perkembangan zaman terus melaju pesat, sedangkan dana kas pada pemerintahan negara tersebut tidak memungkinkan, jalan keluar yang mungkin bisa dilakukan adalah menarik investor asing. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor strategi yang mempengaruhi keputusan investor untuk menanamkan modal di sautu negara.

B.    MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui secara pasti bagaimana investasi yang terjadi di Amerika Latin. Di mana sebagian besar negara di Amerika Latin adalah negara berkembang. Bisa diambil hasil kesimpulan penelitian tersebut untuk kasus yang sama di negara lain. Bagaimana sejarah singkat investor menanamkan modal asing di negara-negara tersebut untuk menunjang strategi pembangunan yang kaan dilaksanakan. Mengetahui  juga berbagai macam pengaruh tiap variable makroekonomi  dan variable institusi dalam proses mengajak investor berinvestasi di negara Amerika Latin.

C.     METODOLOGI PENELITIAN

Data ini merupakan data sekunder karena kita tidak mencari langsung ke lapangan, melainkan data yang di dapat dari sumber bacaan atau dokumen-dokumen.

D.    KESIMPULAN PENELITIAN

Salah satu faktor penunjang keberhasilan strategi pembanguan itu adalah adanya dana yang menunjang  untuk berjalannya strategi pembangunan tersebut. Jika suatu Negara mempunyai kendala dalam pembiayaan tersebut  dalam artian tabungan Negara tidak mencukupi untuk berjalannya strategi tersebut, maka salah satu cara terbaik yaitu memberi kesempatan kepada investor untuk menginvestasikan ke Negara tersebut.

JURNAL IV

”FACTORS INFLUENCING DECISION-MAKING PROCESSES”

“Mahmood Nooraie”

 

A.    TUJUAN PENELITIAN

Dalam suatu perencanaan atau penentuan strategi dalam pembangunan dibutuhakan  strategi pengambilan keputusan yang tepat dan baik, agar tercapainya suatu tujuan yang baik. Tujuan penelitian dalam jurnal ini adalah untuk  meneliti proses pengambilan keputusan strategis dan faktor yang mempengaruhi proses.

B.    MANFAAT PENELITIAN

Manfaat penelitian jurnal adalah untuk mengetahui bagaimana cara pemngambilan strategi keputusan yang baik, Dampak dari pengambilan keputusan yang besar, dan dapat mengetahui faktor yang mempengaruhi pengambilan strategi keputusan, khususnya tahapan yang berbeda dan suatu proses dapat diklasifikasikan ke dalam empat kategori utama, yaitu :

  1. Keputusan karakteristik khusus
  2.  Karakteristik organisasi internal
  3. Karakteristik lingkungan eksternal, dan
  4. Karakteristik tim manajemen.

C.     METODOLOGI PENELITIAN

Dalam penelitian ini kita menggunakan pendekatan kualitatif, karena bukti atau sumber yang kita dapat itu berupa data atau informasi.  Dan dalam penelitian ini juga kita menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, maksud dari dokumentasi adalah pengumpulan data dengan cara mencari data mengenai hal-hal yang kita butuhkan.

D.    KESIMPULAN PENELITIAN

Pengambilan keputusan terbagi menjadi 2, yaitu factor eksternal dan factor internal. Pengambilan keputusan yang tepat dapat mempengaruhi strategi pembanguan  itu sendiri. Pengambialn keputusan juga bersifat variasi. Jadi proses pengambilan keputusan itu harus sesuai dengan keadaan ekonomi suatu Negara tersebut, bisa dilihat dari sumber daya alam, sumber daya  manusia, sumber daya alam,  sumber daya teknologi, dan sebagainya.

JURNAL V

“SURVEYING AND IDENTIFYING THE FACTORS AFFECTING SUCCESSFUL IMPLEMENTATION OF BUSINESS STRATEGIES IN COMPANIES OF FARS PROVINCE INDUSTRIAL TOWN (CASE STUDY: COMPANIES OF FOOD INDUSTRIES)”

By : Ali Mollahoseini and Hadi Ahmadkhani

A.    TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor keberhasilan pelaksanaan secara strategis.

B.    MANFAAT PENELITIAN

Mengetahui secara pasti faktor-faktor berikut: konsekuensi perencanaan, hambatan organisasi, hambatan manajerial dan masing-masing individu yang terlibat dalam proses tersebut. Serta mengetahui rintangan dan hambatan di lingkungan penelitian.

C.     METODOLOGI PENELITIAN

Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Proses penelitian disimpulkan dengan cara deskriptif. Sedangkan proses menganalisa menggunakan Firedman tes.

D.    KESIMPULAN PENELITIAN

implementasi strategi bisnis di perusahaan industri makanan Provinsi Fars menunjukkan hasil sebagai berikut: perencanaan konsekuensi 68,09%, organisasi obstacles 65.48%, hambatan manajerial 60.40%, individu dan staf hambatan 72,0% dan lingkungan obstacles63.99%.

Peran serta individu terkait sangat berpengaruh dalam proses pelaksanaan dan berujung pada tujuan yang dicapai. Bila peran sertanya maksimal maka hasil pelaksanaan strategi pun akan ikut berhasil. Begitupun sebaliknya.

KESIMPULAN

Dari lima jurnal yang di analisis diambil kesimpulan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembangunan adalah :

  1. Penentuan visi, kesenjangan nilai dan proses analisis sangat mempengaruhi tercapainya tujuan yang diinginkan.
  2. Proses perencanaan yang baik dimana pembuatan keputusan harus berdasarkan komunikasi yang baik.
  3. Adanya dana yang menunjang  untuk berjalannya strategi pembangunan tersebut.
  4. Pengambilan keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal.
  5. Peran serta individu terkait yang sangat berpengaruh dalam proses pelaksanaan dan berujung pada tujuan yang dicapai.

Kesimpulan umum yang didapat dari 5 faktor tersebut adalah proses pengambilan keputusan dalam menentukan strategi  pembangunan. Seperti penentuan visi yang tepat sesuai dengan kondisi yang ada disuatu negara tersebut, dimana peran serta individu dan pendanaan juga berpengaruh dalam proses pelaksanaannya.

About these ads
Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s