Sedikit Berbagi….

Bekerja sambil kuliah atau kuliah sambil bekerja? Sebagian orang menganggap dua kalimat itu mempunyai arti yang berbeda. Tetapi menurut Saya sama saja, toh kita tetap melakukan dua kegiatan dalam waktu bersamaan. Saya tidak menyalahkan pendapat pertama, itu juga benar bila dilihat dari susunan kata yang mengartikan prioritas utama dari pilihan orang yang menjalankan.

oke sebenarnya bukan masalah itu yang ingin Saya tulis. Disini Saya ingin menuliskan sedikit tentang pengalaman kuliah sambil bekerja yang baru dijalani sekitar 2 minggu lebih. Bisa dibilang sangat teramat baru, tapi saya sangat berantusias untuk berbicara pengalaman yang baru saja dijalankan ini.

Saya lulusan tahun 2011 SMA Negeri 14 Jakarta.  Dulu pemikiran Saya sangat idealis. Lulus SMA dilanjutkan kuliah di PTN. Saya tidak memikirkan kondisi real yang ada di sekeliling, terutama masalah ekonomi. Tapi saya kira prinsip itu juga berawal dari faktor lingkungan SMA saya dulu. Karena di SMA dulu dokrinisasi masuk PTN terkenal setelah lulus dari SMA 14 adalah suatu keharusan atau bisa dibilang tujuan akhir. Sebenarnya itu tidak salah sama sekali. Setiap orang atau kelompok menginginkan hal terbaik yang bisa dicapai.

Tapi target awal PTN yang dari awal telah dirancang dan diusahakan ternyata tidak sesuai dengan harapan itu yang jadi masalah. Bahkan menjadi suatu masalah besar. Ketika kau sudah mengusahakan suatu dengan sangat keras tapi hasilnya nol, itu rasanya seperti menjadi orang yang gagal. Di tambah lagi melihat faktor finansial yang tidak memungkinkan untuk kuliah. Tapi semua pasti kembali ke ke rencana Allah. Kita boleh berencana dan berusaha tapi Allah lah yang menentukan hasil akhirnya.

Kejadian itu sudah bisa terima dengan lapang dada. Pertanyaan selanjutnya: Apa yang akan kamu lakukan setelah lulus SMA? Kuliah tahun ini tidak memungkinkan dari faktor tempat dan juga finansial jika harus memaksakan untuk tetap kuliah di perguruan tinggi swasta. Atau menunggu tahun depan untuk mencoba lagi.
Akhirnya Saya memutuskan untuk mencoba PTN tahun depan lagi sambil melanjtkan mengajar privat (Pekerjaan mengajar privat telah dilakukan sejak kelas 2 SMA).

Waktu demi waktu Allah mulai menunjukan jalannya. Saya diberi kesempatan dan kepercayaan untuk bekerja di PT. Argo Mulia Perkasa (perusahaan trading dan maintenance genset). Itu suatu kabar gembira buat saya. Satu hal yang dapat saya pelajari. Allah memberi suatu kepada kita bukan berdasarkan apa yang kita inginkan tapi berdasarkan yang kita butuhkan. Dan akhirnya saya sangat mensyukuri apa yang telah terjadi kepada saya.

dan akhirnya keputusan saya adalah bekerja 1 tahun sambil mengumpulkan biaya kuliah dan tahun berikutnya saya kuliah mengambil kelas malam. Hingga tiba saat nya sekarang saya telah menjalani kerja sambil kuliah. sudah berjalan sekitar hampir 3 minggu.

Ini sangat menyenangkan. berbeda sekali dengan saat masih sekolah SMA dahulu. Dulu belajar di sekolah motivasinya hanya belajar dan belajar. Tidak ada hal lain yang dipikirkan. Tapi setelah kuliah dengan biaya dari hasil kerja sendiri itu sangat berbeda. Sekarang saya lebih menghargai waktu. Bahkan semaksimal mungkin saya tidak akan pernah melewatkan sekecil ilmu pun yang diberikan dosen kepada Saya.

Mudah-mudahan motivasi untuk tetap semangat kuliah tetap terjaga hingga akhirnya nanti.

 

 

Jakarta, 10 Oktober 2012

10.42 am

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

