HOW TO WIN FRIENDS & INFLUENCE PEOPLE IN THE DIGITAL AGE

 

“kemungkinan besar, masalah besar yang anda hadapi adalah berurusan dengan orang lain” Dale Carnegie

Pernah mendengar judul buku diatas atau mungkin mambaca bukunya? Yup judul buku di atas adalah karya klasik yang dianggap sebagai buku motivasi paling sukses sepanjang masa dan sudah terjual sebanyak 30 juta eksemplar di seluruh dunia ini telah membawa jutaan pembaca mendaki anak tangga kesuksesan dalam bisnis dan kehidupan pribadi. Sekarang, buku pertama dan terbaik dalam bidangnya ini diperbarui mengikuti perkembangan teknologi.

Buku ini di tulis oleh Dale Carnegie & Associates. Buku ini adalah edisi baru dari karya lama. Karena memang isinya lebih kurang sama, hanya lebih dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi. Jika dalam cetakan lama, bukunya lebih menjelaskan dalam konteks yang lebih konvensional. Tidak dengan buku edisi “How to Win Friends & Influence People in the Digital Age”. Disini lebih menjelaskan tentang hubungan yang lebih digital. Seperti bagaimana kita berlaku saat di dunia maya, dan lain sebagainya.

Nah saya ingin berbagi tentang apa sih isi dari buku ini. Apa saja yang dijelaskan. Mungkin ada diantara kalian yang belum sempat membaca buku ini. Ini salah satu yang ingin saya bagi.

Cara dasar penanganan orang

   1. Kubur boomerang anda. Jangan mengkritik, menyalahkan, atau mengeluh.
   2. Tegaskan hal-hal baik. Berikan apresiasi jujur dan tulus.
   3. Sentuh keinginan inti. Membangkitkan diri orang lain yang diinginkan.

Enam cara untuk memberikan kesan yang tahan lama.

  1. Menaruh minat terhadap minat orang lain
  2. Tersenyumlah
  3. Berkuasa dengan nama
  4. Menyimak lebih lama
  5. Bahas apa yang penting bagi mereka
  6. Buat orang lain merasa lebih baik

Cara menuntun perubahan tanpa penolakan atau kebencian

  1. Awali dengan sikap positif
  2. Akui kekurangan anda
  3. Tunjukan kesalahan tanpa menarik perhatian
  4. Lebih baik mengajukan pertanyaan daripada memberi perintah secara langsung
  5. Ringankan kesalahan
  6. Berfokus pada kemajuan
  7. Sematkan reputasi yang baik pada orang lain
  8. Terus terhubung pada pijakan yang sama

Cara mendapatkan dan menjaga kepercayaan orang lain

  1. Hindari argumen
  2. Jangan pernah kau mengatakan “kau salah”
  3. Akui kesalahan dengan cepat dan sungguh-sungguh
  4. Awali dengan sikap ramah
  5. Akses afinitas
  6. Biarkan orang lain mendapat pengakuan
  7. Terlibat secara empatik
  8. Gugah sifat mulia
  9. Berbagi perjalanan
  10. Berikan tantangan

Secara keseluruh kesimpulan dari isi buku ini adalah kita harus lebih menghargai orang lain dan lebih memprioritas orang lain dari pada diri kita sendiri apabila kita ingin dihargai dan diprioritas kan oleh orang lain. Kubur ego diri untuk suatu hubungan yang baik dengan orang lain. Jika kita mampu menempatkan diri dan memberi kesan baik dalam suatu hubungan, tidak menutup kemungkinan orang lain akan lebih respect pada kita. Dengan seperti itu maka hidup kita akan lebih terasa mudah dan indah karena banyaknya dukungan dan apresiasi terhadap apa yang kita butuhkan, inginkan, dan lakukan.

Tidak sulit untuk mendapatkan itu semua. Cukup PRIORITAS ORANG LAIN !

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s