MENATAP PUNGGUNG MUHAMMAD

IDENTITAS BUKU

Judul                            : Menatap Punggung Muhammad
Penulis                         : Fahd Djibran
Penerbit                        : Litera Pustaka
Tahun terbitan                : 2010
Tebal                           : 181 halaman

Peresensi                    : Suminar

 SINOPSIS

Apapun agamamu, kebaikan tak mungkin kau tolak

“Apakah yang lebih besar dari iman?”
Lalu kutatap lagi sosok lelaki yang tampak agung itu: Muhammad.
“Kebaikan,” katanya tiba-tiba, “Melebihi apapun, adalah yang paling utama dari semuanya. Aku menyebutnya ihsan.”

Aku menatap punggung Muhammad yang menjauh…. Terus menjauh.
Entah mengapa ada perasaan sedih yang teramat dalam saat ia meninggalkanku di tempat itu sendirian. Aku benar-benar tak rela melepasnya pergi… Aku menatap pungungnya dan memanggilnya kembali dengan mata rinduku…

Awalnya tokoh “aku” menjalani kehidupan secara biasa bersama kekasihnya, Azalea. Hingga pada akhirnya “aku” mengalami mimpi yang yang terus-menerus membuatnya gelisah. Ada semacam getaran hebat dalam hatinya  kepada sosok yang ada di dalam mimpinya. Seorang sosok yang begitu mempesona. Ia merasa tidak pantas menerima itu. Sosok “aku” bermimpi bertemu Nabi Muhammad. Yang tidak dimengerti dirinya mengapa dia yang diberi mimpi bertemu dengan sosok yang mempesona itu. Padahal dia adalah seorang nonmuslim.

Kemudian dia memutuskan untuk melakukan pencarian tentang sosok Muhammad ini. Pergi meninggalkan kehidupannya, terutama kekasihnya Azalea. Setelah hampir dua tahun lamanya, “aku” memutuskan untuk mengirimi surat tentang mengapa ia pergi serta menceritakan segala pengalamannya dalam pencariannya.

Dalam suratnya ia menulis tentang kekagumannya atas sosok Nabi Muhammad SAW. Walaupun ia seorang nonmuslim, tapi ia tak dapat membohongi diri sendiri bahwa ia sangat mengagumi Nabi Muhammad.

 

RESENSI

Buku Menatap Punggung Muhammad sudah Saya baca lebih dari dua kali. Sebenarnya dari kurang lebih 1 tahun yang lalu Saya telah membaca buku ini. Kemudian membaca lagi sekarang untuk kesekian kalinya. Tidak ada bosan-bosannya Saya untuk membaca buku yang sangat menyentuh ini. Hingga akhirnya memutuskan  untuk membaginya sedikit apa yang ada di dalam buku ini.

Buku ini sebenarnya adalah sebuah surat sepanjang 100 halaman yang ditulis oleh “aku” untuk sang kekasih, Azalea. Sangat berbeda dengan buku lainnya, karena saat membaca buku ini benar-benar seperti membaca sebuah surat yang dikirim kepada orang lain.  

dan yang lebih menarik lagi, didalamnya sosol “aku” menjelaskan pencariannya dengan metode empiris. Ia seperti sedang observasi suatu masalah. Membaca dan memahami banyak sumber seperti buku untuk referensinya hingga mencoba berdiskusi dengan orang-orang yang ditemuinya, terutama dari kalangan muslim. Mencoba memahami mimpi tersebut.

 

Dimulai dari memahami hakekat dan esensi tidur itu sendiri, yang entah bagaimana dapat mengantarkan manusia ke alam mimpi. Sebuah alam bawah sadar yang tidak mungkin dapat direncanakan sebelumnya. Di dalam surat kepada kekasihnya itu banyak menyajikan data dan informasi agar kekasihnya yang juga non-muslim memahami pencariannya yang dilakukannya.

Penjelasan dalam bukunya begitu membuat saya tersentak. Kekaguman akan sosok nabi Muhammad membuat malu saya sebagai muslim. Ditambah lagi tekad kuat dari sosok “aku” untuk lebih mengenal Muhammad.

 

Ini bila, bila Rasulullah mengunjungimu..bermalam di rumahmu, akankah kau mengalami kesulitan di saat makan malam? Untuk mengucapkan rasa syukur dengan mengucap
“alhamdulillaahirabbil ‘aalamiin…subhaanallah”.  atau bagaimana ?

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

