TEORI MANAJEMEN

Teori Manajemen Manusiawi

Seperti yang diketahui ilmu manajemen terus mengalami perkembangan dari masa ke masa. Seiringan majunya peradaban manusia, maka bermunculan berbagai aliran dengan pendekatan secara manusiawi dan modern. Sedangkan aliran pemikiran klasik yang lebih dulu muncul lebih menekankan pada pendekatan proses dan produksi.

Berikut salah satu pendapat dari Hugo Munsterberg (1863-1961) yaitu Bapak Psikologi Industri. Ia adalah satu satu tokoh pelopor aliran hubungan manusiawi. Dimana pemanfaatan psikologi sangat penting dalam mewujudkan tujuan-tujuan produktivitas dalam suatu manajemen. Dalam bukunya “Psychology and Industrial Efficiency”, Hugo Munsterberg mengemukakan 3 cara untuk meningkatkan produktivitas :

  1. Menempatkan seorang pekerja terbaik yang paling sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dikerjakannya.
  2. Menciptakan tata kerja yang terbaik yang memenuhi syarat-syarat psikologis untuk memaksimalkan produktivitas.
  3. Menggunakan pengaruh psikologis agar memperoleh dampak yang paling tepat dalam mendorong karyawan.

Analisis dari Teori Hugo Munsterberg

Dari berbagai pemikiran yang telah dikemukakan oleh banyak tokoh di dunia, saya sangat tertarik dan setuju dengan pemikiran Hugo Munsterberg. Ia lebih menekankan pada sisi psikologis manusia untuk mencapai suatu hasil maksimal dalam suatu sistem manajemen. Karena menurutnya pengaruh psikologis ini akan membawa dampak baik dalam pembawaan diri karyawan yang secara tidak langsung akan berdampak pula pada hasil kerja yang maksimal dari karyawan tersebut.

Kita analisis dari tiga cara Hugo Munsterberg meningkatkan produktivitas yang telah disebutkan di atas: Yang pertama adalah dengan kata lain menempatkan pekerja sesuai dengan bidangnya. Ini jelas dengan cara ini produktivitas akan meningkat. Berbeda dengan kita menempatkan seorang pekerja yang tidak mempunyai kemampuan di bidangnya. Dari sisi psikologis manusia, hakikat manusia senang melakukan kegiatan yang mereka senangi. Mereka akan melakukan dengan senang hati pekerjaan tersebut, karena mereka bekerja dengan hati mereka. Tanpa paksaan. Kemudian dengan menempatkan pekerja sesuai bidang yang mereka kuasai, akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Karena mereka merasa mampu dan bisa. Kemudian mereka akan lebih berkembang secara personal dan keahlian. Ini akan sangat menguntungkan perusahaan.

Kemudian untuk cara yang kedua yaitu menciptakan suatu system manajemen dengan menjunjung tinggi suatu bentuk hubungan manusiawi (pendekatan psikologis) untuk mencapai hasil produktivitas maksimal. Bila dalam suatu system manajemen tercipta hubungan baik antar pekerja dan membuat lingkungan yang nyaman di tempat kerja, tidak dipungkiri semangat kerja pekerjanya akan lebih meningkat. Tapi bila lingkungan kerja yang tercipta suasana tekanan yang tiada hentinya bagi karyawan, tidak menutup kemungkinan karyawan akan merasa tertekan dan tidak memaksimalkan potensi dalam dirinya. Maka pendekatan secara psikologis ini sangat berpengaruh besar bagi perusahaan tersebut.

Ketiga yaitu cara memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu manajemen. Hakikatnya manusia sangat suka di puji. Tidak heran dengan metode motivasi pada karyawan ini sangat berdampak pada hasil produktivitasnya. Bila seorang karyawan diberi kepercayaan lebih dari atasannya dan kemudian di dukung untuk terus maju, maka karyawan tersebut akan berusaha melakukan pekerjaan dengan sangat baik agar tidak membuat kecewa atasannya. Bahkan ia akan berusaha lebih keras lagi untuk meyakinkan atasannya bahwa ia mampu bekerja melebihi ekspetasi dari atasannya.

Dari ketiga analisis tersebut, bisa diambil kesimpulan pendekatan psikologis sangat berdampak besar bagi pengembangan potensi karyawanya dan berpengaruh langsung pada produktivitas perusahaan.

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s