INUL VIZTA MEWABAH

tugas nartoooo

Inul Vizta sangat identik dengan penyanyi dangdut Inul Daratista yang populer lewat “goyang ngebor”nya. Inul adalah salah satu pemegang saham tempat karaoke ini. Inul Vizta sudah dikenal luas sebagai tempat karaoke favorit keluarga. Perkembangan Inul Vizta bisa dikatakan sangat signifikan. Sejak berdirinya tahun 2005 hingga tahun 2012 ini, dari informasi yang di dapat telah membuka banyak outlet di seluruh Indonesia. Inul Vizta juga dikenal sebagai salah satu waralaba sukses sebagaimana dibuktikan oleh banyak pengunjung yang hadir di outlet Inul Vizta. Misalnya di Kelapa Gading, dengan 18 kamar, dikunjungi oleh 200-300 orang selama hari kerja dan daftar tunggu di akhir minggu. Wow sungguh fantastik bukan?

Apa Penyebabnya??

ini sangat menarik untuk di bahas apa yang menyebabkan Inul Vizta menjadi begitu berkembang dan mewabah tidak hanya dikalangan muda dan pencinta karaoke tapi juga anak-anak beserta keluarganya. Dalam segi pemasaran bisnis, ini bisa dianalisis berdasarkan bauran pemasaran atau marketing mix yang dikenal dengan seven-Pnya.

Apa saja seven-P untuk Inul Vizta ini:

1.   Price

Harga merupakan salah satu unsur yang selalu dipertimbangkan konsumen sebelum mengambil suatu keputusan untuk membeli atau menyewa sesuatu. Inul Vizta memang ditargetkan untuk masyarakat kelas menengah keatas, tapi dari segi harga bisa dikatakan sangat terjangkau. Untuk tarif karaoke sendiri ditentukan oleh ukuran ruangan.  Ada enam macam ukuran ruangan yang disediakan oleh Inul Vizta. Yaitu small Rp 45.000,- medium Rp 55.000,- large Rp 70.000,- deluxe Rp 85.000,- VIP Rp 150.000,- dan VVIP dikenakan tarif Rp. 260.000 / jam. Harga yang ditawarkan bisa dikatakan sangat pas, apalagi memang Inul Vizta sendiri memang menyesuaikan untuk tempat karaoke keluarga.

2.   Product

Inul Vizta memiliki 6 ruangan. Small berkapasitas 4-6 orang, Medium 6-8 orang, Large 10-12 orang, Deluxe 12-15 orang, VIP 20-25 orang, dan VVIP 30-35 orang. Peralatan karaoke terkomputerisasi namun tetap ramah-pengguna tanpa operator. Tersedia ribuan lagu dari beragam aliran musik, nasional maupun internasional, kamera untuk rekam video dan CD, serta atraksi badut dan sulap in house bergilir ke tiap outlet.

Inul Vizta tempat karaoke keluarga termodern yang memiliki konsep TRENDY AND SELEBIZZ. Disiapkan bagi masyarakat metropolis trendy yang menginginkan bernyanyi, ‘hang out’, maupun berpesta pada tempat dan suasana yang cozy, fun , nyaman, aman, sopan, dan ‘selebriti abizz’. Selain karaoke, Inul Vizta juga menyediakan layanan makanan dan minuman langsung diolah dari dapur. Di sini, pelanggan dapat menikmati 40 jenis hidangan dari berbagai belahan dunia, masakan Barat, masakan Cina, dan masakan Indonesia dengan harga yang relatif murah.

3.   Place

Tempat pembukaan outlet Inul Vizta adalah mall-mall yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan begitu Inul Vizta mudah di jangkau dan pastinya sangat strategis. Bisa dipastikan ini juga merupakan salah satu faktor Inul Vizta cepat berkembang dan dikenal.

4.   Promotion

Dari segi pemasaran tidak diragukan lagi, sangat gencar dan terkonsep. Tidak hanya karena membawa nama besar Inul Daratista si empunya perusahaan, tetapi bentuk promosi melalui media, signage toko, billboard, baleho, poster, spanduk, koran, tabloid. Kemudian Inul Vizta juga selalu menawarkan paket promosi yang selalu menarik perhatian konsumen. Seperti karaoke 1 jam gratis 1 jam. Kemudian karaoke diskon 50% pada hari libur yang jatuh tepat pada hari weekdays. Kemudian ada paket-paket lain yang bisa di tawarkan setiap moment-moment tertentu.

5.   People

Dari segi people ini bisa dilihat dari para karyawan Inul Vizta sendiri. Dari penglihatan dan yang dirasakan sejauh ini, tidak ada masalah dari para karyawan di Inul Vizta, Mereka berusaha menciptakan layanan sempurna bagi para pengunjung. Mereka juga sopan dan ramah-ramah.

6.   Process

Inul Vizta menyediakan layanan Booking tempat dari Web perusahaan langsung. Jelas ini sangat memudahkan konsumen. Konsumen bisa membooking tempat dari jauh-jauh hari, dan pada waktunya bisa langsung datang dan menikmati karaoke bersama. Inul Vizta sendiri membuat program kartu member. Kartu ini bisa sangat membantu apalagi dari segi diskon yang bisa didapatkan secara berkala sesuai promo dari perusahaan. Inul vizta juga menyediakan layanan pesan antar makanan ke ruangan karaoke. Ini jelas sangat memanjakan konsumen.

7.   Physical Evidence

Karaoke Inul Vizta dari segi Physical Evidence atau tampilan usaha bisa dikatakan sangat istimewa dan elegan. Secara standard fisik outlet tidak ada sama sekali kesan lampu remang remang, suasana gelap temaram, dan kesan ruangan-ruangan pribadi tertutup yang menimbulkan asumsi negatif terhadap tempat karaoke pada umumnya.

Kemudian dari interior ruangan ditampilkan secara modern dengan design interior lokal, sehingga tercipta gaya lokal yang minimalis tapi manis, cocok untuk hiburan para keluarga Indonesia.

Inul Vizta memang karaoke keluarga. Ruangan nyaman, fasilitas canggih dengan menu-menu makanan serta minuman yang menggugah selera, ditunjang pelayanan yang ramah, membuat pengunjung serasa di rumah sendiri. Kebersamaan akan terjalin erat karena suasana formal tidak akan ditemui di tempat ini. Semua bergembira. Semua bebas mengeluarkan suara. Karena semua boleh bernyanyi sepuas-puasnya. Inul Vizta pilihan menarik bagi keluarga yang senang berkaraoke bersama.

Jadi terjawabkan mengapa Inul Vizta begitu berkembang dan menjadi tempat favorit.

Jakarta, 20 Nop 2012

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s