Jenis-Jenis dan Bentuk Koperasi

Koperasi adalah gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Koperasi memiliki tujuan untuk kepentingan anggotanya antara lain meningkatkan kesejahteraan, menyediakan kebutuhan, membantu modal dan mengembangkan usaha. Dalam praktiknya, usaha koperasi disesuaikan dengan kondisi organisasi dan kepentingan anggotanya.

Penjenisan koperasi berdasarkan pada kebutuhan agar tercipta efisiensi dalam suatu golongan masyarakat yang homogen. Penjenisan koperasi dibentuk sesuai dengan keadaan lingkungan masyarakat sekitar. Penjenisan koperasi ini dilakukan untuk kepentingan ekonomi guna tercapainya tujuan. Selain itu penjenisan koperasi ini juga diharapkan dapat mengembangkan suatu daerah sesuai potensi yang ada.

Berdasar kondisi dan kepentingan anggota muncul jenis-jenis koperasi. Jenis-jenis koperasi yang diatur dalam PP No. 60 tahun 1959 adalah koperasi desa, koperasi pertanian, koperasi peternakan, koperasi perikanan, koperasi kerajian/industri, koperasi simpan pinjam dan koperasi konsumsi. Sedangkan jenis koperasi menurut teori klasik dibagi menjadi tiga. Jenis koperasi tersebut adalah koperasi pemakaian, koperasi produksi dan koperasi simpan pinjam.

Dalam pasal 15 UU No. 12 Tahun 1992 tentang perkoperasian disebutkan bahwa koperasi dapat berbentuk koperasi primer atau koperasi sekunder. Pengertian koperasi primer adalah koperasi yang yang minimal memiliki anggota sebanyak 20 orang perseorangan. Sedangkan koperasi sekunder adalah koperasi yang terdiri dari gabungan badan-badan koperasi serta memiliki cakupan daerah kerja yang luas dibandingkan dengan koperasi primer. Koperasi sekunder dapat diartikan juga sebagai gabungan koperasi-koperasi primer yang mempunyai kesamaan kepentingan. Keberadaan koperasi sekunder berfungsi untuk mendukung peningkatan peran dan fungsi koperasi primer.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s