Persaingan Koperasi

Tujuan pembentukan koperasi adalah untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Pembentukan koperasi juga bertujuan untuk membangun tatanan ekonomi nasional. Agar tujuan tersebut dapat tercapai koperasi harus mampu bersaing dan mengambil peranan dalam berbagai struktur pasar. Struktur pasar tersebut antara lain pasar persaingan sempurna, pasar monopolistik, pasar monopoli dan pasar oligopoli.

Karakteristik pasar persaingan sempurna adalah harga ditentukan oleh keseimbangan antara permintaan dan penawaran. Perusahaan hanya menerima harga yang telah ditentukan oleh pasar. Koperasi juga harus mengikuti harga pasar bila masuk dan menjual produknya di pasar tersebut.  

Persaingan di pasar oligopoli membutuhkan modal yang tinggi dan promosi iklan yang besar. Karena itu, peran koperasi di dalam pasar oligopoli hanya dapat sebagai pengecer. Koperasi dapat menjual berbagai jenis produk dari produsen-produsen. Keuntungan diperoleh dari laba penjualan barang-barang tersebut. 

Koperasi juga dapat mengambil peranan di pasar monopolistik. Pasar monopolistik didefinisikan sebagai pasar yang terdapat banyak produsen untuk menghasilkan barang yang berbeda. Koperasi harus mampu menghasilkan barang yang sangat berbeda dengan perusahaan lain bila ingin  memperoleh keuntungan yang maksimum. Koperasi juga harus mempunyai strategi bisnis dalam promosi agar menarik konsumen di pasar monopolistik.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s